Doa Syafaat

September 13th, 2010 § 1 comment

Syafaat berarti perantaraan untuk menyampaikan permohonan. Doa syafaat berarti memohon sesuatu kepada Tuhan untuk kepentingan orang lain, bukan diri kita sendiri. Mudahkah bagi kita untuk berdoa syafaat? Rasanya tidak. Saya saja punya begitu banyak permohonan doa, mengapa menyempatkan diri berdoa untuk orang lain? Sebagai pendeta, saya pun punya perasaan yang sama. Tidak mudah bagi saya untuk berdoa syafaat bagi orang lain. Saya punya beberapa pergumulan terkait dengan pelayanan, keluarga dan masa depan. Bagaimana bisa saya berdoa untuk orang lain? Walaupun itu termasuk tugas saya sebagai pendeta. Kalaupun saya berdoa syafaat, maka itu seringkali menjadi akhir doa pribadi saya. Kadang juga tidak dengan sepenuh hati.

***

“Ayo berdoa sebelum tidur,” kata saya ke Alden (2,5 th). Kami sudah mengajarkan Alden untuk berdoa dan menyebut beberapa nama dalam doa sebelum tidur. “Tuhan Yesus berkati papa, mama, alden, yang kung, yang ti, oma, mak, aco, ibu (maksudnya pembantu kami),” begitulah kurang lebih kami mengajar Alden berdoa. Kadang-kadang Alden lupa beberapa nama itu, tapi tidak pernah ia menambahkan nama baru. Tapi semalam situasinya berbeda. Alden berdoa,” Tu an Ye Cu, bekati papa, mama, mak, aco, ibu dan pak yah … ” Saya terkejut dan bertanya dalam hati,” Siapa ya yang disebut pak yah … ” Tidak ada anggota keluarga kami yang namanya pak yah. Vanda juga terlihat bingung dan mencoba menebak-nebak.

“Pak, siapa nak?” tanya saya. “Pak yah .. pa,” jawab Alden. Kata pak saya dengar dengan jelas. Tapi kata Yah terdengar seperti ada unsur s nya. ” Oh … pak yas,” tanya saya. “Ya” jawab Alden.

**

Kami tentu tahu siapa itu Pak Yas. Pak Yas adalah tukang becak langganan maknya Alden. Alden beberapa kali pernah naik becak pak Yas. Malam itu, mungkin Alden sekedar menyebut nama orang yang diingatnya dalam doa sebelum tidur itu. Mungkin itu adalah sebuah kebetulan. Tapi kebetulan itu mengajar dan mengingatkan saya tentang arti syafaat.

Syafaat berati mengingat dan menyebut nama orang lain dalam doa kita.

Sudahkah kita bersyafaat hari ini?


§ One Response to Doa Syafaat

  • tiorisma saragih says:

    saya merasa susah untuk berdoa syafaat,tapi saya slalu berusa lewat doa pribadi,saya melakukan pujian dan penyembahan mau tidur dan setelah bangun.terkadang aq bertanya kenapa tuhan blom menjawab pergumulan doa saya

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

What's this?

You are currently reading Doa Syafaat at Wahyu 'wepe' Pramudya's blog.

meta

Content Protected Using Blog Protector By: PcDrome.