Saat Teduh bersama Youtube

August 20th, 2013 § 0 comments

youtubeBeberapa orang Kristen rutin melakukan saat teduh.  Saat teduh, yang biasanya dilakukan pagi hari, terdiri atas pembacaan Alkitab atau buku renungan, menyanyikan pujian dan doa.  Di era kemajuan tehnologi seperti saat ini, beberapa orang tidak lagi memegang Alkitab atau buku renungan, mereka cukup berbekal gadget yang berbasis Android, Blackberry, ataupun Apple.  Ada penyedia bahan renungan yang telah menyiapkan aplikasi bagi para pembacanya. Lebih praktis, tak lagi repot membawa Alkitab yang cukup tebal ataupun buku renungan yang dengan mudah terselip dan hilang.

Gadget, dengan segala dampaknya, telah menjadi bagian tak terpisahkan dari hidup manusia masa kini.  Ritual manusia modern setiap pagi, begitu bangun pagi, adalah mencari gadgetnya. Salah satu akses yang seringkali kita lakukan adalah mengunjungi laman www.youtube.com.  Laman ini menyediakan jutaan video dan audio yang dapat kita nikmati.  Nah, mari kita gunakan gadget untuk mendukung pertumbuhan spiritualitas.  Mari kita gunakan gadget dan akses ke youtube untuk melakukan saat teduh.

Bagaimana cara bersaat teduh dengan menggunakan gadget dan akses ke youtube?

Pertama, mari kita membaca Alkitab dengan menggunakan youtube.  Ya, kita bisa membaca Alkitab dengan menggunakan youtube.  Tentu saja bukan membaca dalam arti mengamati huruf demi huruf di layar kita, tetapi mendengarkan Alkitab berbicara kepada kita.  Kita barangkali sudah begitu terbiasa membaca Alkitab sehingga tak lagi merasakan ada “getaran” tersendiri. Bukanlah catatan Alkitab menegaskan pentingnya mendengarkan firman Tuhan?  Mendengarkan ayat terakhir kitab Wahyu dibacakan seperti ini : http://www.youtube.com/watch?v=ITzTK8EhUsM sungguh menggetarkan hati.  Saya merasa seolah-olah berdiri di hadapan Tuhan Yesus yang sedang bersabda.

Di youtube terdapat banyak rekaman audio dan video pembacaan Alkitab.  Ada rekaman yang hanya dibacakan biasa tanpa iringan musk, istilah tehnisnya adalah pure reading, seperti misalnya pembacaan Amsal berikut ini : http://www.youtube.com/watch?v=FFXV304-P5s Ada pula yang disebut sebagai dramatized reading, alias pembacaan ala drama dengan suara beberapa orang ydan iringan musik yang mendukung.  Saya sangat menikmati model pembacaan dramatized reading ini, karena membangkitkan imaginasi dan tidak membosankan.  Sila perhatikan dramatized reading dari kitab Kisah Para Rasul berikut ini http://www.youtube.com/watch?v=ooZAqB8BPC4 Oh, ya mayoritas rekaman video dan audio yang ada di youtube berbahasa Inggris dengan pelbagai versi terjemahan Alkitab. Sayangnya belum banyak rekaman pembacaan Alkitab dalam bahasa Indonesia, baik yang pure reading maupun yang dramatized reading.

Silakan merasakan dan mengalami membaca Alkitab melalui youtube. Oh ya, jangan lupa, tarif data tentu berlaku.

 

-bersambung ke bagian 2 : menggunakan youtube untuk memuji dan menyembah Tuhan-.

 


Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What's this?

You are currently reading Saat Teduh bersama Youtube at Wahyu 'wepe' Pramudya's blog.

meta

Content Protected Using Blog Protector By: PcDrome.