Curhat Penulisan Buku : “Cuman yang Seperti Itu”

February 3rd, 2015 § 0 comments

quitSuatu saat saya berjumpa dengan seorang rekan yang melayani di sebuah gereja.

“Saya sudah membaca buku-buku kumpulan khotbahmu. Sederhana banget isinya. Kalau cuman seperti itu, ya saya bisa bikin buku.  Lebih banyak malah,” tuturnya sambil tertawa ringan.

Sambil menatap ke arahnya, saya menjawab,” Memang, buku-buku itu cerminan khotbah-khotbah saya. Sebelum khotbah, saya selalu berdoa agar bisa menguraikan firman Tuhan secara sederhana dan mudah dimengerti.  Jadinya ya buku-buku yang seperti kamu katakan tadi.  Ayo, kamu khan juga sering berkhotbah, segera terbitkan buku. Sayang kalau khotbah-khotbahmu yang bagus dan mendalam tak diterbitkan.”

“Baik, saya pasti nanti kirimkan kabar. Pasti bisalah terbitkan buku kalau cuman yang seperti punyamu,” ujarnya menutup percakapan.

***

Setahun berlalu, saya menanyakan via pesan di facebook tentang buku yang akan diterbitkannya. Tidak ada jawaban. Dua tahun berlalu, saya berjumpa dengannya di sebuah pertemuan.

“Bukumu sudah terbit ya? Diterbitkan sendiri atau lewat penerbit mana?” tanya saya.

“Belum. Belum selesai. Gampang sih menulis. Tapi ya cuman itu, saya tidak tahan duduk lama. Jadi ya gitu deh, tidak selesai-selesai,” jawab pria itu.

Sambil tersenyum kepadanya, saya menjawab,” Tidak harus duduk kok. Bisa sambil tiduran. Tidak harus lama kok. Cukup sediakan sehari 30 menit saja. Tidak sampai 4 bulan sudah selesai satu naskah buku,” jelas saya.

Tak ada jawaban darinya.

***

Mohon maaf bila rekan-rekan terpaksa membaca buku-buku yang “cuman seperti itu”. Soalnya buku-buku yang jauh lebih baik ternyata hanya eksis di cita-cita dan rencana calon penulisnya.

Hanya ketekunan yang bisa mengubah cita-cita dan rencana menjadi karya nyata. Ketekunan bukanlah hal yang rumit, sebab kita sangat mengenal apa yang menjadi penghalangnya : kemalasan diri sendiri.


Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What's this?

You are currently reading Curhat Penulisan Buku : “Cuman yang Seperti Itu” at Wahyu 'wepe' Pramudya's blog.

meta

Content Protected Using Blog Protector By: PcDrome.