Kecanduan Akhir Zaman? Ini 3 Penyebabnya

July 31st, 2017 § 0 comments

akhir zaman

Saya kadang tak habis pikir mengapa sebagian orang Kristen kecanduan akhir zaman.  Kecanduan yang saya maksud adalah kesukaan tiada habis untuk menghubungkan setiap fenomena dengan akhir zaman.  Tak jarang kecanduan ini menghasilkan perkiraan tanggal kapan Yesus Kristus datang kembali atau ramalan tentang siapa antikristus itu.

Kemarin beredar kabar bahwa di lokasi tertentu tak jauh dari ibukota adalah pemasangan chip di tangan dan dahi sebagai persiapan untuk munculnya antikristus.  Nah, yang seperti ini bukan barang yang baru dalam perjalanan agama Kristen di Indonesia.

Semoga kita tidak amnesia bahwa sudah pernah ada beberapa kejadian ramalan akhir zaman yang tak menjadi kenyataan.  Ada ramalan dari Pdt. Mangapin Sibuea, Gabriellan bin Yehuda (ini bukan nama asli KTP), dan juga pelayanan familyradio.  Setelah semua ramalan ini berantakan tak menjadi kenyataan, lha kok ya terlupakan sejenak, terus muncul ramalan yang baru lagi.  Orang-orang yang mengaku mendapatkan ilham dari atas.  Sangat menyakinkan dalam melakukan persuasi, sehingga beberapa orang Kristen meninggalkan gereja asalnya demi mengikuti sosok kharismatis tertentu.

Padahal Yesus sendiri pernah berkata bahwa tentang saat itu tak seorang pun yang tahu.  Malaikat tidak tahu, Anak tidak tahu, hanya Bapa yang tahu.  Celakanya di tangan beberapa orang, ayat itu diutak-atik sehingga muncul komentar seperti ini:

  • Markus 13:32 Tetapi tentang hari atau saat (harafiah horas: jam) itu tidak seorangpun yang tahu
  • Ada yang mengajarkan,”Hari nya tidak tahu, jam nya tidak tahu, tapi soal tanggal, bulan dan tahun tidak disebut, bukan? Berarti tanggal, bulan dan tahunnya nya bisa diketahui.”

Nah, mau komentar apa coba terhadap penafsiran kurang bertanggung jawab seperti ini?

Saya bukan tak percaya bahwa Yesus akan datang kembali.  Saya tentu memercayai hal seperti ini.  Yang saya tidak percayai adalah ada orang-orang yang tahu kapan Yesus akan datang kembali sampai berani menyebutkan kisaran tahun, bulan, atau malah hari.  Ada apa sih dengan orang-orang yang seperti ini?

Saya kira setidaknya ada 3 kemungkinan yang terjadi pada orang-orang yang merasa tahu kapan akhir zaman terjadi ketika Alkitab menegaskan bahwa tidak ada seorangpun yang tahu, melainkan hanya Bapa.

Pertama, orang-orang yang berani memberikan ramalan kapan Yesus Kristus datang kembali ini sedang mengalami gangguan kejiwaan.  Ya, gangguan kejiwaan yang bisa membuat seseorang berhalusinasi mendengar suara-suara entah dari mana.  Terpukau oleh suara-suara ini sehingga mengabaikan catatan Alkitab.

Kedua, orang-orang ini mengalami gangguan dari kuasa jahat.  Bukankah Iblis pun dapat menyamar sebagai malaikat terang?  Pengajaran yang tidak sehat dan keliru berpotensi menjauhkan seseorang dari Allah yang benar, bukan?  Tak jarang mereka yang sudah berhasil diyakinkan orang-orang tertentu bahwa Yesus datang tanggal sekian, namun tak menjadi kenyataan, kemudian meninggalkan gereja.  Kecewa Yesus tak datang kembali, padahal Anak sendiri tak tahu kapan ia datang kembali.

Ketiga, orang-orang yang berani menyebutkan kapan Yesus kembali ini bukan hanya mengalami kebebalan teologis, namun mungkin juga psikis.  Tak mau atau tak mampu mempercakapkan keyakinannya.  Bermodalkan pokoknya harus dipercaya, mereka tampil percaya diri memberikan berita bahwa tanggal tertentu Yesus Kristus datang kembali.  Tidak memercayainya sama dengan tidak memercayai Roh Kudus.  Gawat, bukan?

Jalani saja hidup sehari-hari dengan bertanggung jawab.  Jika dalam masa hidup kita, Yesus datang kembali, maka kita sambut dengan sukacita.  Jika Yesus belum datang kembali, kita yang akan menghadap-Nya lebih dulu bukan?


Tagged

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What's this?

You are currently reading Kecanduan Akhir Zaman? Ini 3 Penyebabnya at Wahyu 'wepe' Pramudya's blog.

meta

Content Protected Using Blog Protector By: PcDrome.