Be atau Bi

September 14th, 2010 § 0 comments

Sekolah masa kini memang luar biasa. Anak-anak sejak playgroup sudah diajar dengan tiga bahasa : Inggeris, Mandarin dan Indonesia. Walau pada realitanya masih ditambah satu bahasa lagi : Jawa Timuran. Sistem pengajaran tiga bahasa ini didasarkan pada asumsi bahwa usia kanak-kanak tertentu adalah momen emas dalam penyerapan bahasa. Benar atau tidak, saya tidak tahu.

Alden (hampir 3 tahun) sudah terbiasa nyanyi satu-dua lagu dalam bahasa Inggeris. Kalau ada perilaku buruk tertentu yang ditayangkan di televisi, Alden berkomentar,” Bad itu!” Kadang ada rasa bangga juga bahwa anak sekecil itu sudah mengenal kosa kata bahasa Inggeris. Walau kadang bertanya-tanya juga mengertikah Alden apa arti sepenuhnya kata-kata itu.

Di rumah Alden senang sekali belajar dan bermain tebak-tebakan nama huruf. Dengan poster berisi deretan huruf yang digantungkan, sesekali Alden menunjuk huruf tertentu dan menyebutkan namanya. Kadangkala saya yang diminta menyebutkan, misalnya : E, F, M, dan lain-lain, dan Alden akan menunjukkan yang mana hurufnya. Sepertinya, Alden sudah menghafal semua abjad. Alden dengan lancar menyebutkan nama-nama huruf itu secara acak sambil menunjuk gambarnya. Kadang saya menyebutkan nama hurufnya dan Alden menunjuk gambarnya. Lancar.

Sampai ketika saya menyebutkan “Be” seperti pada kata becak. Alden nampak kebingungan. Ia terlihat tidak tahu, dan akhirnya menunjuk beberapa huruf secara sembarangan. “Salah,” kata saya. Saya lalu menunjuk pada huruf “B” dan berkata,” Ini lho be!” Alden kontan menjawab,” Salah. Itu Bi bukan Be!. Papa yang salah!”

Lalu saya menunjuk huruf A, dan bertanya,” Ini apa?” Alden berteriak : Aaa. “Salah itu, yang betul ini ei, kayak di lagu ei, bi, ci, di, i, ef, ji, Itu kalau bahasa Inggeris” “Bukan pa, itu Aaa. Terus sebelahnya Bi !” teriak Alden. Terus Alden sambil menunjuk huruf mengucapkan nama-nama huruf itu, semua dalam bahasa Indonesia, kecuali B yang dilafalkannya Bi bukan Be.

Nah, kalau sudah seperti ini, gimana ya memperbaikinya?


Leave a Reply

Your email address will not be published.

What's this?

You are currently reading Be atau Bi at Wahyu 'wepe' Pramudya's blog.

meta

Content Protected Using Blog Protector By: PcDrome.