Prasangka

October 5th, 2010 § 0 comments

Hari itu, Alden ingin sekali makan kue kering. Saya dan Vanda sudah sepakat bahwa tidak ada camilan sebelum makan pagi.   Alden menangis keras, berteriak, berlarian dan guling-guling tapi akhirnya bersedia makan dengan janji kue kering akan diberikan sesudah makan.   Saya yang  akan menyuapi makan, karena mamanya sedang persiapan mengajar.

Kebetulan di hari itu  ada makanan kesukaan Alden : tuna saus.   Alden setengah terpaksa makan, tapi baru beberapa suap, Alden sudah menolak makan.  “Pedes ..pedes … huh …huh …,” kata Alden. “Wah, nakal nih anak. Pasti dia sangat ingin makan roti,makanya dia bilang pedes-pedes” pikir saya.  Saya agak memaksa makan, tapi Alden berlari menjauh. “Betul khan, Alden mau mengambil kue,” kata saya dalam hati ketika Alden berlari mau mengambil roti itu.   Saya agak kesal pagi itu, karena saya merasa anak saya ternyata sudah pintar untuk berbohong.   Padahal tentu kami tidak pernah mengajarinya berbohong. Sedih hati saya.

Saya memutuskan untuk membiarkan Alden, dan mengambil makan pagi dengan lauk yang sama seperti Alden.   Ketika saya mengunyah tuna saus itu, ternyata ada yang berbeda  dari biasanya.  Daging tuna itu memang terasa agak pedas karena merica.   Deg … ya ampun, segera saya merasa bersalah.  Saya sudah berprasangka buruk terhadap darah daging saya sendiri yang  ketika itu baru berusia 2 tahun.  Beberapa menit kemudian Vanda dari dapur setengah berteriak,” Memang agak pedas tunanya …”  Duer … meledaklah perasaan bersalah.   Alden benar daging tuna itu pedas.  Alden tidak berpura-pura apalagi mencoba menipu saya.   Saya yang salah.   Saya yang telah berprasangka buruk.

Saya tatap mata Alden pagi itu, sambil  meminta maaf.  Alden tidak menjawab.  Mungkin ia tidak tahu apa yang saya rasakan.

Kita memang tidak mungkin lepas dari prasangka.  Namun, kita selalu dapat memilih untuk menguji dan menguji ulang prasangka kita.


Tagged , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What's this?

You are currently reading Prasangka at Wahyu 'wepe' Pramudya's blog.

meta

Content Protected Using Blog Protector By: PcDrome.